Berita & Media

BERITA TERKINI

BJ. Habibie "103 tahun Bumiputera, Sebuah Konsistensi Untuk Human Security"


Nurseto, Direktur  Pemasaran Bumiputera dan rombongan diterima presiden RI ke tiga, Bapak BJ. Habibie di kediaman pribadinya yang asri, komplek Patra Jasa Kuningan.

Nurseto, Direktur Pemasaran Bumiputera bersama pak Habibie

Apa keunggulan Bumiputera dibanding perusahaan sejenis lainnya? Keunggulan Bumiputera yang pertama adalah 103 tahun. Itu ada kaitannya dengan Human Security. Orang kan bisa bilang. Bahwa apa gunanya kalau saya dijanjikan banyak-banyak, tapi ketika jatuh tempo perusahaan itu sudah bangkrut. Kita harus bedakan human security dengan security. Ada orang menyimpan untuk anak dan masa tuanya.

Tapi, pada saatnya tiba, simpanannya go with the win. Karena perusahaannya hilang. Mau menuntut siapa?
Karena itu timbul istilah human security. Ketenteranam dan kenyamanan. Saya jalan di luar bisa aman karena ada penjagaan. Tapi ketika saya masuk kamar tidur saya tidak tenteram karena banyak masalah keluarga, masalah lingkungan, masalah negara jadinya tidak tentetam. Padahal semuanya cukup. Yang dikehendak imanusia adalah ketenteraman karena semuanya beres. Inilah yang disebut human security. Tapi, tidak semuanya bisa ideal seperti yang kita inginkan.

Tidak mungkin orang bisa maju kalau tidak ada perubahan. Tidak mungkin orang bisa melakukan perubahan. Tidak mungkin orang melakukan perubahan kalau tidak berani menanggung risiko. Tidak mungkin berhasil kalau perubahan yang mengandung risiko tidak diperhitungkan. Tapi, kalau aman, diam saja, adem ayem, tidak melakukan apa-apa juga tidak maju-maju. Karena itu, back tio basic. Saya benar-benar bersyukur melihat Bumiputera 103 tahun itu tidak singkat. 103 tahun itu ada satu konsistensi. Dan itu meningkatkan kualitas human security.

Akhir kunjungan, setiap orang diberikan oleh-oleh sebuah buku berjudul "Habibie Tak Boleh Kalah Tak Boleh Lelah." Ditulis oleh sekelompok anak muda di Solo berdasarkan 50 pertanyaan. Mereka susun dan mereka bukukan.*** prm.

 

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas