Berita & Media

BERITA TERKINI

Launching PT. Asuransi Jiwa Bumiputera : Semangat Baru, Kekuatan Baru


DUNIA perasuransian nasional akan kian bergairah setelah Pengelola Satuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) meluncurkan PT. Asuransi Jiwa Bumiputera (PT. AJB), sebagai pengganti dan penerus perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia dalam hal penjualan produk-produk baru asuransi.

Koordinator PS AJBB Didi Achdijat yakin bahwa PT. AJB ini bakal mewarnai bisnis asuransi di Tanah Air. Sebab meskipun baru, PT. AJB ini merupakan "bayi raksasa" yang begitu lahir sudah bisa berjalan, karena selain memiliki jaringan sangat luas (25 wilayah dan 365 cabang) yang dibangun selama 105 tahun dan "nama keluarga" Bumiputera yang di kalangan masyarakat Indonesia menjadi "nama generik" bagi dunia asuransi.

"Dengan jajaran direksi yang berpengalaman di industri asuransi (modern), PT. AJB akan menjadi perusahaan asuransi nasional yang sudah melegenda tapi dengan semangat baru dan kekuatan baru," kata aktuaris senior ini.

Kekuatan baru yang dimaksud Didi adalah bentuknya yang PT (Perseroan Terbatas) sehingga memungkinkan penambahan modal segera untuk meningkatkan performa perusahaan. Karena itu¸ PT. AJB lebih fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan perkembangan industri asuransi yang memang sangat dinamis.

Namun demikian, menurut Wiroyo Karsono, PT. AJB tetap akan menjaga nilai-nilai luhur, profesionalisme dan kebersamaan yang sudah dibangun oleh para pendiri Bumiputera, yaitu tiga guru yang juga aktif di (Budi Utomo), medan perjuangan kaum intelektual pribumi pada zaman penjajahan Belanda: M. Ng. Dwidjosewojo, MKH Soebroto dan M Adimidjojo.

"Kami akan mempertahankan dan bahkan mengembangkan hal-hal yang baik di Bumiputera, termasuk pasar tradisional menengah ke bawah yang sudah nyaris mutlak dikuasai Bumiputera, seraya memperbaiki dan meningkatkan instrumen bisnis asuransi modern untuk masuk ke kota-kota besar, kelas menengah atas," ungkap Dirut PT. AJB ini.

Melihat modal dasar yang dimiliki, dan pengendali di jajaran direksi yang mumpuni, PT. AJB menjadi kompetitor yang akan diperhitungkan banyak perusahaan asuransi (joint venture) asing yang sudah menguasai pangsa pasar di kota-kota besar.

"Tekad kami, dalam waktu dua-tiga tahun ke depan Bumiputera bisa kembali masuk ke 10 besar perusahaan asuransi di negeri ini, dan kembali diperhitungkan, setelah berbagai isu negatif tentang Bumiputera berlalu," tambah Wiroyo.

Jajaran PS AJBB dan OJK mendukung langkah-langkah yang dilakukan PT. AJB, karena 40% laba bersih PT AJB akan disetorkan kepada AJBB sebagai salah satu income yang diproyeksikan untuk menyangga pembayaran klaim pemegang polis AJBB.

"Pemberian 40% laba bersih PT. AJB itu bukan hadiah, tapi sebagai pembayaran atas penggunaan intangible asset Bumiputera yang dipakai PT. AJB, yaitu nama Bumiputera, jaringan, dan SDM serta 25000 agen berpengalaman," kata Didi Achdijat. 

 

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas