Berita & Media

BERITA TERKINI

Bumiputera Meriahkan Pasar Keuangan Rakyat di Banda Aceh


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyelenggarakan Pasar Keuangan Rakyat di Banda Aceh, Nangro Aceh Darussalam, melibatkan lebih dari 20 Lembaga Jasa Keuangan.

PASAR Keuangan Rakyat (PKR) kembali diselenggaraan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kali ini mengambil tempat di Banda Aceh, Nangro Aceh Darussalam beberapa waktu lalu. Acara berlangsung di Taman Sari Kota Banda Aceh, melibatkan lebih dari 20 Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Pembukaan PKR ini dilakukan secara bersama oleh Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal; Sri Rahayu Widodo selaku Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK; Eko Arianto selaku Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, dan Kepala OJK Aceh, Rusly Albas.

Sri Rahayu dalam sesi konfrensi pers mengatakan, pelaksanaan PKR dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat tentang industri jasa keuangan, terutama untuk mengubah imej masyarakat yang mengesankan bahwa memanfaatkan layanan jasa keuangan sulit dan mahal. Selain itu, melalui PKR ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tertipu oleh investasi bodong dan juga tidak lagi memanfaatkan jasa rentenir untuk meminjam uang.

Selain PKR, OJK juga menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) di Kabupaten Pidie yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan di sektor jasa keuangan, sekaligus memperkenalkan Layanan Keuangan Mikro (LKM).

Sementara itu, Kepala OJK Aceh, Rusly Albas, menyebutkan, ada sebanyak 26 pelaku usaha jasa keuangan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Antara lain dari perbankan, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan, dana pensiun, asosiasi di sektor jasa keuangan, lembaga alternatif penyelesaian sengketa, dan juga beberapa UMKM binaan lembaga jasa keuangan. Ia berharap, PKR dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengelolaan keuangan, termasuk untuk lebih mengenal dan memahami kebutuhan utama, sekunder, dan kebutuhan masa datang, sehingga tercipta masyarakat yang cerdas keuangan.

Bumiputera sebagai salah satu LJK yang sudah eksis lama di Bumi Serambi Mekah ini juga berpartisipasi dalam gelaran PKR. Bumiputera menempati salah satu stand disana. Karyawan dan Mitra Kerja Bumiputera yang hadir di acara terlihat silih berganti menerima masyarakat yang berkunjung serata menjelaskan manfaat dan pentingnya menggunakan produk-produk LJK yang dipercaya pemerintah.

Sekitar 200 masyarakat pengunjung menyambangi stan Bumiputera yang diorganisir oleh Riyanda Alhas - Kepala Cabang Kuta Alam, M. Djuned Amra - Kepala Cabang Baiturrahman dan Jefry Rasyid - Kepala Cabang Prioritas Kuta Raja.

Acara PKR ini diawali dengan Jalan Sehat Bersama Walikota Banda Aceh. Didalam PKR tersebut terdapat beberapa Talkshow Keuangan dengan judul-judul tematik khas bahasa setempat, seperti Carong Beulanja Udep Bhgia dan Yang Sah Yang Jroh.***

 

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas