Berita & Media

BERITA TERKINI

Pendapatan AJBB tahun ini diprediksi Rp 5 triliun


JAKARTA. Dalam kondisi restrukturisasi, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) diperkirakan masih dapat mengail pendapatan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi pendapatan AJBB bisa mencapai Rp 5 triliun pada tahun ini.

Dumoly Pardede, Deputi Komisioner Pengawas IKNB OJK merinci, sumber pemasukan AJBB berasal dari premi lanjutan sekitar Rp 3 triliun. Lalu Rp 1,1 triliun yang didapatkan dari konversi atas sejumlah aset diantaranya dari properti sekitar Rp 900 miliar. Sisanya dari pengalihan aset non properti. AJBB juga akan mulai mendapatkan bunga dari promessory notes yang besaran bunganya mencapai 6,5% per tahun dari dana nilai pokok Rp 3,3 triliun.

AJBB juga bakal mendapat pembagian keuntungan dari PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) senilai Rp 50 miliar di tahun ini. "Plus, mendapatkan hasil dari pengelolaan investasi," kata Dumoly, kemarin.

Bahkan bila masih diperlukan untuk mengimbangi besarnya kewajiban tahun ini, AJBB bisa melakukan divestasi untuk sejumlah aset lain. Beban pembayaran klaim AJBB sendiri diproyeksikan mencapai Rp 5 triliun tahun ini. Termasuk dari potensi terjadinya klaim besar dari pemegang polis besar dan akumulasi beban klaim.

Anggota Pengelola Statuter AJBB Yusman mengakui, dalam lima tahun ke depan masih merupakan periode berat bagi AJBB. Makanya, selama periode ini pihaknya terus mencari sumber pembiayaan sebanyak mungkin.

Diantaranya dari penerbitan promissory notes. Meski bunganya sudah bisa didapat pada tahun ini, namun pencairan dana pokoknya baru akan dibayarkan secepatnya pada akhir tahun ketiga.

Meskipun ada opsi juga agar pembayaran promissory notes bisa dilakukan lebih cepat. "Namun kami perkirakan akan mulai membutuhkan dana tersebut saat memasuki tahun keempat," kata dia.

Yusman melanjutkan, pembayaran pokok promissory notes sebesar Rp 3,3 triliun sendiri akan dicicil secara bertahap selama tiga tahun. Masing-masing sebesar Rp 1,1 triliun pada akhir tahun ketiga kelima selama proses restrukturisasi ini.

Selain itu, AJBB juga sedang mengupayakan untuk memiliki 20% saham di PT AJB. Dengan begitu AJBB bisa mendapat hak dari potential income yang bisa didapat PT AJB di masa datang. Meski calon investor sudah setuju memberi secara gratisan, namun belum ada keputusan soal besaran saham yang akan diberikan kepada AJBB.

Link: http://keuangan.kontan.co.id/news/pendapatan-ajbb-tahun-ini-diprediksi-rp-5-triliun

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas